27 September 2010

Dampak Positif dan Negatif dari Facebook

Dampak Positif :

·         Mempererat silaturahmi
            Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan          dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di  masa lalu.

·         Mengetahui potensi diri
            Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak    tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur - unsur ramalan, dan sudah tentu anda paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah ta'ala :.

·         Media promosi
            Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan      roduk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook.  
 
Dampak Negatif :

            Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia untuk hal yang kurang bermanfaat
 Apa lagi kalau sudah kena sindrom facebookholic alias kecanduan facebook.

·         Boros duit
            Hmm, yang ini tentu tidak bisa dihindari, apalagi yang facebookannya pakai hape, lagi   seneng - seneng facebookan, e tau - tau pulsanya sekarat ( Pengalaman pribadi, hehe ).

·         Malas belajar
Malas mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan, lha wong facebookan terus, akibatnya secara tidak langsung, kita mengalami apa yang   namanya pembodohan yang menyenangkan.cebook untuk media kampanyenya.

Solusi Mengatasi kecanduan Facebook

            Kecanduan Facebook sangat berbahaya. Saat ini masyarakat Indonesia sedang  hobi yang namanya Facebook. Ga tua ga muda semuanya doyan Facebook. Tapi efek sampingnya yaitu membuat penggunanya menjadi kecanduan Facebook. Bagi pelajar jadi jarang belajar, dikelas bukannya belajar tapi justru Facebookan, pegawai kantor juga begitu, mencuri-curi pandang dari sang boss untuk ber-Facebook ria. Akhirnya produktifitas menjadi menurun. Berikut ini tips agar anda mengurangi hobi Facebook anda:

  1. Sadarkan dalam diri bahwa pekerjaan anda bukan hanya Facebookan tapi ada tanggung jawab lainnya yang lebih penting seperti bekerja, belajar dan berkumpul bersama keluarga.
  2. Kurangi dan batasi alokasi biaya untuk Facebookan seperti uang warnet (jika di warnet), pulsa gprs (jika di handphone).
  3. Sadari bahwa teman di dunia nyata lebih baik dari pada di dunia maya.
  4. Tahan diri untuk tidak membalas maupun memberi komentar di Facebook.
  5. Hindari memainkan permainan (games) yang ada di Facebook.
  6. Bila perlu letakkan komputer di ruang keluarga agar penggunaannya dapat dikontrol.
  7. Sibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat seperti ekstrakurikuler, les, olahraga dan sebagainya.
  8. Pergilah jalan-jalan bersama teman, sahabat dan keluarga. Meraka lebih penting untuk mendapat perhatian anda.

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

Selamat Datang

Memberi motivasi lebih sulit dari pada memunculkannya, dan akan lebih sulit lagi memotivasi diri sendiri dari pada memotivasi orang lain. Munculkan motivasi dalam diri selama darah masih mengalir, jantung masih berdetak. Salam manis...

|-ShiJitSuKi-| Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template