18 October 2010

Prinsip-Prinsip Belajar


A.  Prinsip-Prinsip Belajar
Prinsip belajar dapat diartikan sebagai pandangan-pandangan mendasar dan dianggap penting dan dijadikan sebagai pegangan didalam melaksanakan kegiatan belajar. Prinsip belajar dapat merupakan akumulasi pengalaman guru tentang hal-hal positif yang mendukung terjadinya proses belajar dan pencapainya proses belajar yang diharapkan.
Prinsip-Prinsip Belajar bermanfaat untuk memberikan arah tentang apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh guru agar para siswa dapat berperan aktif didalam proses pembelajaran.

B.  Implikasi Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran
1.    Prinsip perhatian dan motifasi
Merupakan prinsip yang digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Perhatian dan motifasi merupakan dua aktifitas yang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Untuk menumbuhkan perhatian diperlukan adanya motifasi. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa hasil belajar meningkat jika siswa memiliki motifasi yang kuat untuk belajar.
2.    Prinsip keaktifan
Adalah prinsip yang diperlukan guru untuk menggali potensi-potensi keberagaman siswa melalui keaktifan yang mereka aktualisasikan dan selanjutnya mengarahkan aktifitas mereka kearah tujuan positif pembelajaran.
3.    Prinsip keterlibatan langsung
Keterlibatan langsung siswa didalam proses pembelajaran memiliki intensitas keaktifan yang lebih tinggi, tidak hanya sekedar aktif mendengar, mengamati dan mengikuti. Tetapi terlibat langsung dalam melaksanakan satu percobaan.
4.    Prinsip pengulangan
Berdasarkan prinsip ini belajar adalah melatih daya-daya yang ada pada manusia yang meliputi daya piker, mengingat, mengamati, menghafal dan menanggapi.
5.    Prinsip balikan dan penguatan
Prinsip ini pada dasarnya merupakan implementasi toeri belajar yang dikemukakan oleh skinner melalui teori operant conditioning. Menurut teori ini, siswa akan belajar lebih semangat bila mengatahui dan mendapatkan hasil yang baik. Hasil belajar  apalagi hasil yang baik merupakan balikan yang berpenngaruh positif bagi upaya belajar berikutnya.
Selain beberapa prinsip belajar yang berlaku umum tersebut, bebrapa ahli yang memberikan penekanan tentang perlunya kekususan prinsip belajar pada masing-masing pembelajaran. Prinsip-prinsip tersebut yaitu prinsip belajar kognitif, prinsip belajar afektif dan prinsip belajar psikomotorik.


0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

Selamat Datang

Memberi motivasi lebih sulit dari pada memunculkannya, dan akan lebih sulit lagi memotivasi diri sendiri dari pada memotivasi orang lain. Munculkan motivasi dalam diri selama darah masih mengalir, jantung masih berdetak. Salam manis...

|-ShiJitSuKi-| Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template