11 January 2012

Pengertian Budaya Dasar

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG MASALAH
Keinginan untuk memberikan ilmu sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa merupakan dorongan yang logis bagi dosen tatkala memerankan dirinyaa sebagai pengajar,dia akan semaksimal mungkin agar setiap ilmu pengetahuannya yang ia miliki dapat tersamaikan kepada mahasiswa dalam waktu yang singkat.dizaman era globalisasi ini banyak masalah yang berkaitan erat dengan sosial budaya,yang sampai detik ini belum ada satu keputusan bersama yang dapat diterima oleh khalayak ramai,namun itu bukan sesuatu yang harus kita perdebatkan.hal-hal tentang sosial budaya dapat ditemukan baik itu dalam pendidikan maupun dalam masyarakat umum.Maka bertolak belakang,maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang masalah ilmu sosial dan budaya dasar  yang berhubungan dengan kehidupan kita,mudah-mudahan dapat bermanfaat  bagi  penulis dan juga bagi segenap kawan-kawan yang membacanya.
1.2.RUMUSAN MASALAH
Berpijak dari latar belakang diatas,maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan  makalah ini adalah:
A.Apa pengertian dari  ISBD?
B.Mengapa ISBD sebagai MBB dan menjadi pendidikan umum?
C.Mengapa ISBD sebagai alternatif pemecahan masalah?



1.3.TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan analisis rumusan permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
A.Mengetahui pengertian ISBD.
B.Mengetahui ISBD sebagai MBB dan pendidikan umum.
C.Mengetahui alasan ISBD dijadikan alternatif pemecahan masalah.

1.4.MANFAAT PENULISAN
A. Mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritrikal terhadap masalah budaya.
B.Memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial untuk menumbuhkan kepekaan sosial
C.Memberikan pemahaman kepada masyarakat  tentang nilai budaya yang harus dilestarikan dan diberikan kepada contoh kepada seluruh masyarakat indonesia.
 

BAB II
PEMBAHASAN

2.1.HAKIKAT  DAN RUANG LINGKUP ISBD
Sebelum kita membahas lebih dalam tentang ilmu sosial budaya dasar kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti dari ISBD tersebut,agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara kita bersama.
Sejak semula muncul ilmu sosial dasar&ilmu budaya dasar ,sekitar tahun 1979an dilatar belakangi oleh pemikiran untuk mendekatkan berbagai disiplin ilmu,sehingga mendorong mahasiswa untuk melihat permasalahan dalam masyarakat.Ilmu budaya dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal  dari dan telah dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuaan budaya.
Adapun tujuan dari ilmu budaya dasar adalah :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap kepekaan lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru,terutama kepentingan profesi mereka.
2.Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
3.Sebagai calon pemimpin bangsa dan negara,serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing dikendaki agar mereka jangan jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat.
Selanjutnya ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori)yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial yaitu:sejarah,ekonomi,geografi,sosial/sosiologi,antrapologi,psikologi sosial.
Secara khusus ilmu sosial dasar bertujuan membina mahasiswa agar:
A.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
B.Peka terhadap masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha usaha menanggulanginya.
C.Memahami jalan pemikiran para ahli bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat  berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan,maka ilmu sosial dasar  dan ilmu budaya dasar disatukan menjadi ISBD yaitu ilmu sosial budaya dasar dalam proses pembelajaran ISBD menggunakan pendekatan struktural,yaitu beberapa disiplin ilmu sosial atau disiplin ilmu budaya digunakan sebagai alat untuk mengkaji masalah,tetapi sistematik salah satu sturuktur disiplin tertentu masih terlihat dominan sebagai pisau analisisnya,karena masalah yang dikaji sangat erat dan banyak kaitannya dengan ilmu hukum,kemiskinan dengan ilmu ekonomi ,banjir dengan ilmu geografi dan lain-lainnya sebagainya.
Bertitik tolak belakang dari kerangka tujuan yang telah dikemukakan diatas,ada dua masalah yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar ,kedua masalah tersebut adalah sebagai berikut:
1.Berbagai aspek kehidupaan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuaan budaya baik dari segi masing-masing,keahlian (disiplin)didalam pengetahuan budaya,maupun secara gabungan (antara bidang )berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2.hakikat manusia yang satu /universal ,akan tetapi yang beranekaragam perwujudan dalam kebudayaan masing- masing zaman  dan tempat.Tim (IBD) berusaha mengadakan pembagian masalah-masalah tersebut dibagi menjadi 10 tema:
1.manusia dan pandangan hidup
2.manusia dan asuhan
3.manusi a dan tanggung jawab
4.manusia dan cinta kasih
5.manusia dan kegelisahaan
6.manusia dan penderitaan
7.manusia dan harapan
8.manusia dan ketulusan
9.manusia dan pengabdiaan.
10.manusia dan keadilan
Akhirnya pada tahun 1982 konsorsium menurunkan rumusan terbaru sebagai berikut:
 Mata kuliah ilmu budaya dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah budaya.

2.2 ISBD SEBAGAI MBB &PENDIDIKAN UMUM
ISBD adalah mata kuliah umum,ISBD merupakan singkatan dari ilmu sosial budaya dasar maka kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang menjadi dasar dari semua mata kuliah
Dengan memperhatikan ilmu budaya dasar mahasiswa perlu mempelajariya karena IBD wajib dimasukkan kedalam salah satu mata kuliah dasar umum(MKDU).yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi.(MKDU) yang sekarang diberikan diperguruan tinggi pada umumnya terdiri 6 mata kuliah yaitu:
1.Agama                      4.IBD
2.Pancasila                  5.ISD
3.Kewiraan                  6.ilmu alamiah dasar

Maka dari uraian diatas maka ISBD,salah satu mata kuliah sebagai program pendidikan umum untuk mengembangkan kemampuan personal.

2.3 ISBD SEBAGAI ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH SOSIAL BUDAYA
Walaupun ilmu-ilmu sosial menjadikan masalah –masalah sosial sebagai ruang lingkup studinya masing-masing namun pusat studinya bukan pada usaha untuk memahami hakikat manusia menurut presfektif masing-masing.
Oleh karna itu ISBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep – konsep budaya kepada mahasiswa,sehingga mampu mengkaji masalah sosial ,kemanusiaan&budaya sehingga diharapkan mahasiswa peka ,tanggap ,kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.perkembangan budaya berasal dari kata budi dan daya.budi merupakan akal ,moral,sopan&tata krama.sedangkan daya adalah unsur perbuatan jasmani agar mampu menciptakan merasakan,membuat karya.
Maka,jika dilihat dari tujuan dan fungsi dari pada ISBD diatas maka bagi para mahasiswa yang telah mempelajarinya  diharapkan mampu menjadi alternatif sebagai pemecah masalah-masalah yang berkaitan erat dalam kehidupan kita baik itu tentang sosial maupun berkenaan dengan budaya.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Ilmu budaya dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya dengan menggunakan pengertian –pengertian yang berasal dan berkembang oleh berbagai bidang pengetahuaan keahliaan yang tergolong dalam pengetahaan budaya.
Ilmu sosial dasar menggunakan pengertian dari berbagai bidang pengetahuaan :sejarah,ekonomi,geografi,sosiologi/sosial,antrapologi,psikologi sosial.
MKDU sekarang di UT pada umumnya terdiri dari 6 mata kuliah :
1.Agama
2.Pacasila
3.Kewiraan
4.IBD
5.ISD
6.Ilmu alamiah dasar

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

Selamat Datang

Memberi motivasi lebih sulit dari pada memunculkannya, dan akan lebih sulit lagi memotivasi diri sendiri dari pada memotivasi orang lain. Munculkan motivasi dalam diri selama darah masih mengalir, jantung masih berdetak. Salam manis...

|-ShiJitSuKi-| Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template