09 January 2012

Budaya Bangsa Yang Hilang

KATA PENGANTAR
Pertama-tama saya panjatkan puji syukur, saya haturkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena atas berkat, rahmat serta hidayah-Nyalah, maka pembuatan karya ilmiah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih kepada  orang-orang yang telah membimbing dan membantu saya dalam pembuatan karya ilmiah ini sehingga karya ilmiah ini dapat saya selesaikan.
Pembuatan karya ilmiah yang bertemakan kebudayaan ini,saya akuratkan dengan melakukan pencarian data-data sekunder melalui buku-buku dan browsing melalui internet. Pembuatan karya ilmiah ini sendiri ada tujuannya. Pembuatan karya ilmiah ini dilakukan dengan tujuan untuk mengajak,menyadarkan,dan memberikan semangat semua orang terutamanya kepada para pemuda-pemudi bangsa yang merupakan generasi penerus negara ini,untuk tetap menjaga dan melesterikan kebudayaan negara Indonesia ini yang sudah banyak yang hilang.
Akhir kata,saya selaku penulis dari karya ilmiah ini ingin mengucapkan terima kasih banyak terhadap semua orang yang telah membaca karya ilmiah saya. Dan saya berharap semoga karya ilmiah yang tidaklah sempurna ini dapat memberikan manfaat bagi orang-orang yang sudah membacanya,dan bagi sekeliling orang-orang yang membacanya. Terima kasih atas perhatianya.


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi,ilmu pengetahuan dan gaya hidup yang semakin pesat, kebudayaan yang merupakan warisan dari leluhur kita dan merupakan suatu ciri khas dari suatu daerah, kian lama kian hilang dan memudar dari negara republik kita ini.
Anak muda sekarang banyak yang terpengaruh akan modernisasi dan globalisasi, mulai dari gaya berpakaian hingga gaya dalam berbicara maupun makan. Sehingga banyak anak muda zaman sekarang yang kurang peduli bahkan tidak peduli akan kebudayaan kita ini. Tetapi kita juga tidak boleh menyalahkan seluruhnya kepada anak muda sekarang. Kita juga salah akan kebudayaan yang telah hilang ini, karena kita terlambat mematenkan suatu budaya dan benda – benda peninggalan leluhur terdahulu kita , sehingga banyak kebudayaan Indonesia yang direbut.
Berikut daftar kebudayaan Indonesia yang telah lepas dan di rebut negara lain, hingga tahun 2008 :
Kesenian dan budaya
Asal budaya
Direbut oleh
Batik
Jawa
Adidas
Naskah Kuno
Riau
Malaysia
Naskah Kuno
Sumatra Barat
Malaysia
Naskah Kuno
Sulawesi Selatan
Malaysia
Naskah Kuno
Sulawesi Tenggara
Malaysia
Rendang
Sumatra Barat
WN Malaysia
Sambal Bajak
Jawa Tengah
WN Belanda
Sambal Nanas
Riau
WN Belanda
Tempe
Jawa
Perusahaan Asing
Lagu Rasa Sayang Sayange
Maluku
Malaysia
Tari Reog Ponorogo
Jawa Timur
Malaysia
Tari Soleram
Riau
Malaysia
Lagu Injit – Injit Semut
Jambi
Malaysia
Alat Musik Gamelan
Jawa
Malaysia
Tari Kuda Lumping
Jawa Timur
Malaysia
Tari Piring
Sumatra Barat
Malaysia
Lagu Kakak Tua
Maluku
Malaysia
Lagu Anak Kambing Saya
Nusa Tenggara
Malaysia
Kursi Taman dengan Ornamen Ukir Khas Jepara
Jawa Tengah
WN Perancis
Pigura dengan Ornamen Ukir Jepara
Jawa Tengah
WN Inggris
Motif Batik Parang
Yogyakarta
Malaysia
Desain Kerajinan Perak Desa Suwarti
Bali
WN Amerika
Produk Berbahan Rempah – Rempah dan Tanaman Obat Asli Indonesia
Hampir seluruh Indonesia
Shiseido Co. Ltd.

Ketika budaya dan barang kebudayaan atau hasil buah tangan seniman Indonesia masih ada di Indonesia, banyak dari warga merasa budaya tersebut tidak berharga, tetapi ketika ada negara lain akan mengambil budaya tersebut dan kemudian hilang dari kita, barulah mereka merasa itu sangat berharga. Kenapa berharga saat sudah hilang? Kenapa tidak waktu masih ada? Inilah orang – orang Indonesia yang telah terkontaminasi budaya barat.
Bisa kita lihat dari daftar di atas sangatlah banyak yang telah dicuri orang. Bahkan milik negara bisa dicuri oleh individual? Betapa malunya kita telah dicuri dan kita tidak cepat tanggap dalam menanggulangi hal – hal tersebut. Oleh karena itu, marilah kita jaga dan kita lestarikan budaya nenek moyang kita,jangan sampai dirampas lagi. Salah satu caranya adalah mematenkan budaya kita, melestarikannya, dan membawa atau memperkenalkan budaya kita ke dunia internasional, dengan begitu kita dapat menjaga budaya kita karena budaya kita sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional.
Melihat keadaan budaya Indonesia yang semakin memudar dan terancam hilang. Inilah yang mendorong saya untuk menulis karya ilmiah yang bertema “KEBUDAYAAN INDONESIA YANG SEMAKIN PUDAR DAN HILANG”. Tema ini diangkat dari fakta-fakta yang telah terbukti akan banyaknya budaya Indonesia yang memudar karena hanya sedikit orang yang melestarikan budaya itu dan hilangnya budaya Indonesia,entah direbut negara lain maupun hilang sudah punah.


BAB II
PERUMUSAN MASALAH

DEFINISI KEBUDAYAAN
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal atau pikiran,sedangkan daya adalah kekuatan. jadi budaya adalah kekuatan dari akal. Kebudayaan merupakan hasil kesenian dari berbagai daerah, kebudayaan terlahir karena adanya kebiasaan yang turun temurun yang ada di dalam masyarakat. Kebudayaan Indonesia merupakan hasil para seniman-seniman yang kreatif dan kebiasaan dari nenek moyang kita terdahulu.

DEFINISI MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekumpulan orang yang  membentuk sebuah system semi tertutup

DEFINISI  MODERNISASI
Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut.
a. Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
b. Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalambuku Sosiologi: suatu pengantar)
Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut.
a. Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
b. Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidupdalam masyarakat.

DEFINISI GLOBALISASI
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara.

Kebudayaan adalah salah satu ciri khas dari daerah asal kebudayaan itu. Namun pada zaman sekarang, kebudayaan suatu daerah akan berpadu dengan kebudayaan yang masuk, sehingga cirikhas dari suatu daerah mulai berkurang dan akan  lebih dominan dengan kebudayaan yang masuk itu. Mungkin kebudayaan itu akan menjadi tradisi semua umat dunia dan bisa saja kebudayaan itu akan di akui oleh seluruh masyarakat di dunia ini sebagai kebudayaan aslinya.
Indonesia memang mempunyai banyak budaya, budaya Indonesia memang banyak yang menuju go international,tapi kebudayaan Indonesia janganlah di hilangkan cirikhasnya,karena cirikhas suatu budaya juga merupakan cerminan dari daerah asal kebudayaan tersebut.
Bagaimanakah cara untuk melestarikan budaya kita,dan budaya itu dapat diakui di dunia internasional tanpa harus di klaim Negara lain?
Sebaiknya kita memperkenalkan budaya Indonesia kepada semua orang  yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar Indonesia. Supaya budaya kita diakui oleh semua orang yang ada di dunia. Selain itu pemerintah juga harus mematenkan dan mendaftarkan budaya kita kepada badan PBB yang khusus  menangani urusan budaya yaitu UNESCO. Supaya jangan ada lagi budaya kita yang diklaim oleh Negara lain. Kita wajib menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Karena budaya Indonesia adalah tanggung jawab kita semua sebagai bangsa Indonesia.
Kita harusnya lebih selektif lagi dalam memilih budaya yang masuk dari luar, agar tidak terpengaruh banyak olehnya. Boleh saja kita memakai budaya dari luar asal budaya Indonesia jangan dilupakan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari fakta-fakta yang telah ada atau yang telah kita bahas,kebudayaan kita dapat hilang jika kita tidak menjaganya dengan benar,tapi kebudayaan kita juga akan terjaga dengan aman jika kita menjaganya dengan benar.
Globalisasi memang mempengaruhi semua orang yang ada di dunia ini, tanpa globalisasi seseorang takdapat mensejahterakan hidupnya, tapi globalisasi juga akan merusak jiwa cinta tanah air kita.
Kebudayaan kita akan terpenjara dengan globalisasi jika kita tidak segera sadar akan pentingnya.

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

Selamat Datang

Memberi motivasi lebih sulit dari pada memunculkannya, dan akan lebih sulit lagi memotivasi diri sendiri dari pada memotivasi orang lain. Munculkan motivasi dalam diri selama darah masih mengalir, jantung masih berdetak. Salam manis...

|-ShiJitSuKi-| Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template