18 January 2011

10 Macam Metode Pembelajaran

 1.    1.  Metode Ceramah ( Preaching Method)
Sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.

Kelemahannya :
·         Membuat siswa pasif
·         Mengandung unsur paksaan pada siswa
·         Mengandung daya kritis siswa
·         Anak didik yang lebih tanggap dari visi visual akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap auditifnya dapat lebih besar menerimanya.
·         Sukar mengontrol sejauh mana perolehan belajar anak didik
·         Kegiatan pembalajaran menjadi verbalisme (pengertian kata – kata)
·         Bila terlalu lama membosankan

Kelebihan :
·         Guru mudah menguasai kelas
·         Guru mudah meneruskan bahan pelajaran berjumlah besar
·         Dapat diikuti anak didik dalam jumlah besar
·         Mudah dilaksanakan

2.    2.  Metode Diskusi (Discussion Method)
Metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi (group discussion) dan resitasi bersama (socialized recitation)


Kelebihannya :
·         Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat diartikan / dipecahkan dengan berbagai jalan.
·         Menyadarkan anak didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik.
·         Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya dan membiasakan bersikap toleransi.
Kelemahannya :
·         Tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar
·         Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas
·         Dapat dikuasai oleh orang – orang yang suka berbicara
·         Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal

3.     3. Metode Demonstrasi
Metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media yang relevan dengan bahasa atau materi yang sedang disajikan.

Kelebihannya :
·         Membantu anak didik memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda
·         Memudahkan berbagai jenis pembelajaran dalam penjelasannya
·         Kesalahan – kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah dapat diperbaiki melalui pengamatan dan contoh konkret, dengan menghadirkan objek sebenarnya. 

Kelemahannya :
·         Anak didik terkadang sukar melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukkan.
·         Tidak semua benda yang dapat di demonstrasikan
·         Sukar dimengerti bila di demonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai apa yang di demonstrasikan

4.     4. Metode Resitasi (Recitation Method)
Suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri.

Kelebihannya :
·         Pengetahuan yang anak didik peroleh dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama
·         Anak didik berkesempatan memupuk perkembangan dan keberanian mengambil inisiatif, bertanggung jawab dan berdiri sendiri.

Kelemahannya :
·         Terkadang anak didik melakukan penipuan dimana anak didik hanya meniru hasil pekerjaan temannya tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri
·         Terkadang tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan
·         Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.

5.     5.  Metode Percobaan (Experimental Method)
Metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan.
Metode percobaan adalah suatu metode mengajar yang mengunakan alat tertentu dan dilakukan lebih dari satu kali. Misalnya dilaboratorium.

Kelebihannya :
·         Metode ini dapat membuat anak didi lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasakan percobaannya sendiri dari pada hanya menerima kata guru dan buku.
·         Anak didik dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan study eksplorasi (menjelajahi) tentang ilmu dan tehnologi.
·         Dengan metode ini akan terbina manusia yang dapat membawa trobosan – trobosan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaan yang diharapkan dapat di manfaatkan bagi kesejahteraan hidup manusia.

Kelemahannya :
·         Tidak cukupnya alat – alat mengakibatkan tidak setiap anak didik berkesempatan mengadakan eksperimen
·         Jika eksperimen memerlukan jangka waktu yang lama, anak didik harus menanti untuk melanjutkan pelajaran
·         Metode ini lebih sesuai untuk menyajikan bidang – bidang ilmu dan tehnologi

6.       6. Metode Karya Wisata
Suatu metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan diskusi bersama dengan peserta didik yang lain serta didamping oleh pendidik yang kemudian dibukukan

Kelebihannya :
·         Karya wisata menerapkan prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lindungan nyata dalam pengajaran
·         Membuat bahan yang dipelajari di sekolah menjadi lebih relefan dengan kenyataan dan kebutuhan yang ada dimasyarakat
·         Pengajaran dapat lebih merangsang kreatifitas anak.

Kekuranganya :
·         Memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak
·         Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang
·         Dalam karya wisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada tujuan utama, sedangkan unsur studinya terabaikan.
·         Memerlukan pengawasan yang lebih ketat terhadap setiap gerak – gerik anak didik di lapangan
·         Biayanya cukup mahal
·         Memerlukan tanggung jawab guru dan sekolah atas kelancaran karya wisata dan keselamatan anak didik, terutama karya wisata jangka panjang dan jauh

7.      7. Metode Latihan Keterampilan
Suatu metode mengajar dimana siswa di ajak ketempat latihan keterampilan untuk melihat bagaimana cara membuat sesuatu, bagaimana cara menggunakannya, untuk apa dibuat, apa manfaatnya dan sebagainya.
Contohnya : latihan keterampilan membuat tas dari pernak – pernik.

Kelebihannya :
·         Dapat untuk memperoleh kecakapan motoris, seperti menulis, melefalkan huruf, membuat dan menggunakan alat - alat
·         Dapat untuk memperoleh kecakapan mental, seperti dalam perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian, tanda – tanda / symbol, dan sebagainya
·         Dapat membentuk kebiasaan dan menambah ketepatan dan kecepatan pelaksanaan 


Kekurangannya :
·         Menghambat bakat dan inisiatif anak didik karena anak didik lebih banyak dibawa kepada penyesuaian dan diarahkan jauh dari pengertian
·         Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan
·         Kadang – kadang latihan yang dilaksanakan secara berulang – ulang merupakan hal yang monoton dan mudah membosankan
·         Dapat menimbulkan verbalisme

8.      8. Metode Sumbang Saran
Metoda yang dilakukan oleh guru untuk mengeluarkan pendapat dan saran siswa harus dapat memberikan saran tentang pelajaran tersebut.

Kelebihannya :
·         Suasana disiplin dan demokratis dapat tumbuh
·         Anak – anak aktif untuk menyatakan pendapatnya
·         Melatih siswa untuk berfikir dengan cepat dan tersusun logis
·         Merangsang siswa untuk selalu berpendapat yang berhubungan dengan masalah yang di berikan oleh guru
·         Terjadi persaingan yang sehat
·         Meningkatkan partisipasi siswa dalam menerima pelajaran
·         Siswa yang kurang aktif mendapat bantuan dari temannya yang pandai
Kelemahannya :
·         Guru kurang memberi waktu kepada siswa untuk berfikir yang baik
·         Anak yang kurang selalu ketinggalan
·         Kadang – kadang pembicaraan di monopoli oleh anak yang pintar
·         Guru hanya menampung pendapat – pendapat tidak pernah merumuskan kesimpulan

9.     9.  Metode Tanya Jawab
Dalam proses belajar mengajar Tanya jawab dijadikan salah satu metode untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara guru kepada siswa atau siswa bertanya kepada guru.

Kelebihannya :
·         Dapat menarik perhatian siswa terhadap pelajaran
·         Mengetahui kedudukan siswa dalam belajar dikelas
·         Lebih merangsang siswa untuk mendayagunakan daya fikir dan daya nalar
·         Menumbuhkan keberanian dalam mengemukakan pendapat
·         Membuka jalan bagi proses belajar yang lain

Kekurangannya :
·         Pada kelas besar pertanyaan tidak disebarkan kepada seluruh siswa sehingga siswa tidak memiliki kesempatan yang sama untuk menjawab maupun bertanya
·         Siswa yang tidak aktif tidak memperhatikan bahkan tidak terlibat secara mental
·         Menimbulkan rasa gugup pada siswa yang tidak memiliki keberanian menjawab dan bertanya
·         Dapat membuang waktu bila siswa tidak responsive terhadap pertanyaan

10.  10. Metode Proyek
Suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk menggunakan unit – unit kehidupan sehari – hari sebagai bahan pelajarannya. Bertujuan agar anak didik tertarik untuk belajar.


Kelebihannya :
·         Dapat merombak pola piker anak didik dari yang sempit menjadi lebih luas dan menyeluruh dalam memandang dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan
·         Melalui metode ini, anak didik dibina dengan membiasakan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan terpadu yang diharapkan praktis dan berguna dalam kehidupan sehari – hari

Kelemahanya :
·         Kurikulum yang berlaku di Negara kita saat ini, baik secara vertical maupun horizontal belum menunjang pelaksanaan metode ini
·         Organisasi bahan pelajaran, perencanaan dan pelaksanaan metode ini sukar dan memerlukan keahlian khusus dari guru sedangkan para guru belum disiapkan untuk ini
·         Harus bisa memilih topik unik yang tepat sesuai kebutuhan anak didik, cukup fasilitas dan memiliki sumber – sumber belajar yang di perlukan
·         Bahan pelajaran sering menjadi luas sehingga dapat mengaburkan pokok unit yang di bahas

0 komentar:

Post a Comment

 

Blogroll

Selamat Datang

Memberi motivasi lebih sulit dari pada memunculkannya, dan akan lebih sulit lagi memotivasi diri sendiri dari pada memotivasi orang lain. Munculkan motivasi dalam diri selama darah masih mengalir, jantung masih berdetak. Salam manis...

|-ShiJitSuKi-| Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template